Inilah Blitab, Tablet Braille Untuk Penyandang Tuna Netra


Bagi penyandang buta memakai  gadget menyerupai  smartphone atau tablet gotong royong yaitu permasalahan yang relatif sederhana mengingat sistem operasinya biasanya sudah menyediakan panduan sistem audio. Tetapi bahwa tidak semua isu sanggup diperoleh dari sumber audio, maka dari itu Braille diciptakan, bahasa sentuh yang memungkinkan orang buta bisa membaca.


Sebuah perusahaan asal Austria, BliTab Technology, mengklaim sedang memproduksi sebuah tablet revolusioner, yang akan menjadi pertama di dunia yang dibentuk secara pribadi untuk penyandang buta. Terobosan paling hebatnya yaitu pada layar tabletnya, yang bisa mengeluarkan microbubbles (gelembung-gelembung mikro) yang membentuk teks dan gambar dalam huruf Braille. "Yang sedang kami kerjakan yaitu sepenuhnya membuat teknologi gres yang membentuk huruf Braille dengan cara yang samasekali gres dan inovatif tanpa elemen mekanis apapun." Ujar Slavi Slavev, CTO dan co-founder dari Blitab Technology pada IBTimes, UK.


Blitab rencananya akan dirilis pada final 2016 dan bisa mengkonversi semua file text ke huruf Braille dari USB flash drive, memory card, browser web, dan mengambil isu melalui tag-tag NFC.


"Saat ini gotong royong sudah ada beberapa solusi alat yang sangat amat mahal dan hanya merepresentasikan Braille dalam satu baris saja," tambah Slavev. "Alat itu sudah berumur 40 tahun dan alasannya yaitu tidak ada penemuan maka hanya itu saja yang dikala ini tersedia di pasaran. Menurut kami, penyandang buta seharusnya dilibatkan dalam kurun digital dimana orang normal sudah menikmati smartphone dan tablet, juga harus dipastikan mereka diberikan cara yang terbaik untuk melaksanakan hal-hal yang dilakukan orang normal, menyerupai web browsing, membaca dan mengunduh buku." lanjutnya.


by MiminATN@Home!

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar, tapi jangan ngiklan ya, kecuali berbagi link blog tidak apa-apa...

Daftar Isi

http://inilah-yangkutahu.blogspot.com$134.5$134.5How much is yours?

close
Banner iklan   disini