Inilah Masjid Ini (Seperti) Berasal Dari Planet Lain


Bangunan ini menyerupai mirip pesawat luar angkasa dari planet lain, tapi kenyataannya ini terletak di Qatar Education City, dan ternyata pula ini yaitu sebuah masjid!



Mirip pesawat aliens dari planet lain



Dua menara yang menjulang ke atas itu mengarah ke Kabah di Mekkah

 Halaman di tengah Masjid dihiasi dengan kaligrafi dan pola-pola geometris. Masjid ini juga mempunyai lima pilar yang mewakili lima rukun Islam dan dikelilingi empat pedoman bak air yang mengalir. Keempat pedoman itu mewakili empat sungai di nirwana - anggur, susu, madu dan air.


 Di dalamnya yaitu ruang utama untuk shalat bagi kaum laki-laki di bawah dan ruang bagi wanita di galeri di atas. Masjid unik ini mempunyai kapasitas 1.800 orang. Terdapat ayat-ayat Al Qur'an pada bab tengah langit-langit yang mengarah pada Mihrab - fitur yang biasa ditemukan dalam desain masjid tradisional.

Sebuah fitur unik yaitu pencahayaan yang dipancarkan dari lubang-lubang segitiga dengan ukuran yang berbeda. Untuk jamaah, seakan-akan itu menciptakan mereka berdoa di bawah bintang-bintang!

Mihrab-nya mempunyai tekstur emas dan ayat Al-Qur'an yang terjemahannya:
"Palingkanlah wajahmu ke Masjidil Haram, dimanapun kau (orang beriman) berada, palingkanlah wajahmu ke arahnya (dalam sholat)"  QS 2:144

Foto-foto di atas yaitu properti dari Peter Gould, D’mello, Qatar Faculty of Islamic Studies, Qatar Foundation, dan Marhaba Qatar.

by Mimin-ATN@Home



Posting Komentar

Silahkan Berkomentar, tapi jangan ngiklan ya, kecuali berbagi link blog tidak apa-apa...

http://inilah-yangkutahu.blogspot.com$134.5$134.5How much is yours?

close
Banner iklan   disini