Saola, Binatang langka yg unik


Saola adalah salah sati mamalia yang paling langka didunia, mirip dengan sapi yang memiliki tanduk runcing dan panjang, untuk itu binatang ini sering manjadi binatang buruan bagi masyarakat setempat untuk dijadikan hiasan.  binatang ini hanya bisa di temukan di Vietnam dan Laos. maka dari itu binatang ini terancam punah oleh masyarakat di negara tersebut. Pada tahun 1992 Sepupu dari sapi, kijang, kambing, ini sudah pernah di temukan tengkoranknya  oleh sebuah tim survey bersama Departemen Kehutanan dan World Wide Fund for Nature. Tim ini menemukan tiga buah tengkorak dengan tanduk lurus yang tidak biasa di simpan di rumah2 untuk hiasan, untuk itu binatang ini termasuk tergolong unik dan langka.  dalam artikel mereka tim mengusulkan untuk "survey tiga bulan untuk mengamati hewan yang masih hidup" tetapi lebih dari 20 tahun kemudian masih ada laporan bahwa masih ada penampakan binatang ini di alam liar yang di laporkan oleh ilmuan. 


Pada september 2013 sebuah perangkap kamera yang di pasang oleh World Wildlife Fund dan Departemen Perlindungan Hutan pemerintah Vietnam . Van Ngoc Thinh , direktur WWF Vietnam , mengatakan , " Ini adalah penemuan yang menakjubkan dan memperbaharui harapan untuk pemulihan spesies.
Pada akhir Agustus 2010 ,  Penagkapan saola yang dilakukan oleh penduduk desa di Laos telah meninggal di penangkaran sebelum tim konservasi pemerintah untuk dilepaskan kembali ke alam liar 



2 comments

Anonim
21 November 2013 pukul 10.19  

mirip kayak sapi ya??

21 November 2013 pukul 10.38  

Hampir mirip, beda tanduk aja

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar, tapi jangan ngiklan ya, kecuali berbagi link blog tidak apa-apa...

close
Banner iklan   disini